Biografi Singkat Sir Isaac Newton: Fisikawan Hebat Dunia

Isaac Newton (1642 - 1727) merupakan salah satu ilmuwan besar dalam sejarah. Newton dilahirkan pada tahun 1642 di Woolsthorpe, Lincolnshire, Inggris. Ketika sekolah, ia tidak menunjukkan kepandaiannya yang cemerlang, tetapi beruntung karena gurunya memberi dorongan agar ia tetap melanjutkan sekolah.

Pada tahun 1661, Newton kecil masuk Trinity College di Cambridge. Selang empat tahun kemudian, ia lulus sarjana dan merencanakan melanjutkan studi untuk memperoleh gelar master. Akan tetapi, pada saat itu terjadi wabah penyakit pes, sehingga universitas tutup. Newton kembali ke Woolsthorpe, dan dua tahun kemudian ia meletakkan dasar-dasar untuk memberi sumbangan dalam bidang fisika, matematika, dan astronomi.

Lebih dari 20 tahun lamanya ia sangat produktif dan pada usia 45 tahun ia menerbitkan karyanya yang terkenal: Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (Mathematical Principle of Natural Philosophy), atau biasa disingkat dengan Principia. Dalam buku ini ia menuliskan hukum-hukumnya tentang gerak bersama-sama dengan teori gravitasi. Penerbitan Principia ini didanai oleh sahabatnya, Edmund Halley, yang menggunakan teori Newton untuk meramalkan kembalinya komet Halley.
Biografi Singkat Sir Isaac Newton: Fisikawan Hebat Dunia
Isaac Newton meninggal pada tahun 1727 pada usia 85 tahun dan dimakamkan dengan penuh penghormatan di Westminster Abbey.



Biografi Singkat Sir Isaac Newton: Fisikawan Hebat Dunia | Jejak Puisi | 5

0 komentar:

Poskan Komentar