Biografi Imam Hanbal: Pendiri Mazhab Hanbali

Imam Hanbal (164-241 H/780-855 M). Nama lengkap beliau adalah Abu Abdullah atau Ahmad bin Muhammad bin Hanbal. Lahir di Baghdad pada tahun 164 H/780 M. Dalam perjalanan hidupnya, beliau banyak melakukan pengembaraan ilmiah untuk menuntut ilmu pengetahuan dari para ulama terkenal saat itu.

Ketika berada di Baghdad, beliau berguru kepada Imam Syafi'i. Imam Ahmad bin Hanbal pernah mengalami masa-masa pahit ketika al-Makmun berkuasa. Beliau mengalami mihnah, ujian khusus bagi para hakim dan ulama mengenai kemakhlukan al-Quran, yang menyebabkan beliau dipenjara karena tidak mau mengakui kemakhlukan al-Quran.

Pokok mazhab beliau sama dengan mazhab Imam Syafi'o, yaitu al-Quran, sunah, fatwa sahabat, ijma', qiyas, istishab, al-mashalihul mursalah, dan al-zara'i. Beliau tidak menulis kitab fiqih, melainkan para muridnya yang menghimpun pemikirannya di kemudian hari.
Biografi Imam Hanbal: Pendiri Mazhab Hanbali
Meskipun begitu, beliau dikenal sebagai penulis hadits, yaitu Musnad Ahmad bin Hanbal, yang memuat 40.000 hadits. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai tokoh yang menerima argumentasi dengan hadits mursal dan hadits dha'if hingga klasifikasi hadits hasan.

*) Dari berbagai sumber



Biografi Imam Hanbal: Pendiri Mazhab Hanbali | Anonim | 5

0 komentar:

Posting Komentar